News Update :

Ujian Awal Tahun 2013

Sabtu, 12 Januari 2013


Bismillahirrohmanirrohim

Al-Wutsqo. Ujian di Pondok pestren Modern berbeda dengan ujian di sekolah-sekolah pada umumnya, karena ujian di PM Al-wutsqo memiliki dua jenis ujian yaitu : Ujian Syafahy (Lisan), dan ujian Tahriry (Tulis), sehingga waktu ujian bagi para santri yaitu akan menempuh kurang lebih 15 hari ujian. Dimulai pada Hari Sabtu tangggal 22 Desember 2012 ujian syafahy dilaksanakan dengan diawali pengarahan, dan Do`a. ujian syafahi adalah dimana para santri akan diuji kemampuannya khusunya dalam hal mata pelajaran yag berkaitan dengan hafalan, Ujian syafahy ini dibagai menjadi tiga kelompok ruangan yang pertama adalah : Ruang Bahasa Arab, yang mana pada ruanagan ini akan para santri yang telah dibagi kelompoknya akan diuji terkait dengan materi-materi pelajaran yang menyangkut hafalan seperti Muthalaah, Mahfudzot, Asalib, Nahwu, Sharaf, Tarikh Islam dan lain-lain, selanjutnya ruang yang kedua adalah Ruang Al-Qur`an, pada ruangan ini santri akan diuji hafalan Qur`annya (sesuai dengan kelas masing-masing), Hafalan Doa` sehari-hari (Kurang lebih banyaknya 100 Do`a), Fiqih (bagaimana praktek shalat, tayammum,memandikan mayat, mandi junub,dsb). Dan ruang yang ketiga adalah ruang Bahasa Inggris, pada ruangan ini dimana para santri akan diuji materi-materi pelajaran yang berkaitan langsung dengan bahasa inggris yang meliputi : Convorsation, Wise Word, Grammar, Vocabulary dan lain sebagainya.

Setelah santri mengikuti ujian syafahi selama sepekan, selanjutnya pada malamnya dilanjutkan dengan pengarahan ujian tahriry (Tulis). Ujian Tahriry ini dilaksanakan mulai pada Hari Sabtu Tanggal 29 sampai dengan tanggal 8 januari. Ujian tahiry ini dilaksanakan pada satu ruangan, supaya tidak berpotensi ada yang mencontek, dan tempat duduknya pun diacak sesuai dengan nomor bangku masing-masing. para pengawas terdiri dari dewan asatidz yang cukup banyak, dengan nuansa yang tenang tanpa ada yang mencontek satupun membuat ujian di Pondok sangat bernilai.

wallohu a`lam bissowab 
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqo 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.