News Update :

Profil

Sabtu, 21 April 2012


Logo Pondok Pesantren Modern Al-Urwatul Wutsqo


I.                   Latar Belakang Berdiri
Pergantian abad 20 ke abad 21 sangat terasa dampaknya bagi semua orang. Abad 21 sering juga dinamakan Millenium III dan abad penuh tantangan dan penderitaan. Masa pergantian abad juga ditandai dengan maraknya  globalisasi di semua sendi kehidupan melahirkan tuntutan dan paksaan kepada lembaga pendidikan khususnya yang mau tidak mau harus meningkatkan antisipasi dampak negative dan globalisasi. Sebab mencegah destruksi jauh lebih hemat dari pada mengobati anarki.
Lepas dari kontrapersi setuju atau tidak setuju yang pasti globalisasi pasti akan masuk menelusup ke sendi-sendi kehidupan kita like and dislike. Akan  tetapi yang terpenting adalah apakah ada upaya pembentukan sistem kongkrit antisipatif (daya tangkal) kita ke depan, baik dari perspektif agama, budaya, ekonomi, maupun Negara. Dengan demikian diperlukan SDM yang handal, memiliki wawasan luas, memahami dan menguasai ruang dan waktu.
Yayasan Ponpes AL-Urwatul Wutsqo sebagai lembaga Pendidikan, dakwah dan sosial, tempat pengkaderan anak-anak bangsa yang sudah dianggap mampu dan handal. Di dalam menjalankan tugas pengkaderan perlu sekali memperhatikan  gambaran keadaan di atas.
Untuk mewujudkan program pengkaderan tersebut dipandang perlu untuk menyusun rancangan Visi, Misi, Tradisi, dan Program  Yayasan Ponpes Al-Urwatul Wutsqo yang mana rancangan tersebut sangat relevan dengan tuntutan masyarakat dan sesuai dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Yayasan.
Perencanaan yang baik mengandung beberaap komponen, diantaranya adalan Visi dan Misi yang memberikan arah dan sekaligus motivasi serta kekuatan gerak bagi seluruh jajaran yang terlibat langsung dalam pengembangan MTs Al-Urwatul Wutsqo. Selain Visi dan Misi juga dipandang sangat perlu untuk menyatukan persepsi, pandangan, cita-cita, harapan bahkan impian semua pihak yang terlibat dalam keberhasilan dan reputasi  Yayasan Ponpes Al-Urwatul Wutsqo.


II.                Visi
1.      Menjadi   Ponpes terunggul dalam berbagai aspek pendidikan dan pengajaran dan pengabdian masyarakat di Nusa Tenggara Barat dengan sistem Pendidikan 24 jam.
2.      Menjadi Pusat pemantapan Aqidah, spiritual, IPTEK, IMTAQ, dan sentral pembaharuan  Islam.
3.      Menjadi pusat pengembangan study Al-Quran dan Ilmu-ilmu Agama di NTB.
4.      Menjadi pusat pengembangan Bahasa Nasional dan Internasional.
III.             Misi
1.      Mengembangkan IPTEK dengan pendekatan ajaran Islam.
2.      Pengkaderan santri dan santri wati untuk memiliki kemampuan IPTEK, IMTAQ, berpikir kritis, berwawasan luas, dan siap menghadapi era globalisasi.
3.      Mempersiapkan santri yang handal dalam berkomunikasi dengan bahasa Nasional dan Internasional.
4.      Mendidik ketauladanan santri dan santriwati dalam seluruh komponen masyarakat yang terlibat dalam pengembangan Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqo.
IV.             Tradisi
 Yayasan Ponpes Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqo didirikan pada tahun 1999, diharapkan  mampu menjadi  Ponpes yang terunggul dalam segala bidang yang memiliki kekhasan dalam berkomunikasi berbahasa nasional dan internasional dan mampu mengaplikasikan ajaran agama pada dirinya dan masyarakat. Maksud dari tradisi  Yayasan Ponpes Al-Urwatul Wutsqo adalah tata kerja dan motivasi seluruh warga Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqo dalam menjalankan peran masing-masing dengan didasari atas hati yang tulus, jiwa pengabdian yang tinggi, kesadaran dan kematangan intelektual serta akhlak yang mulia dalam meraih cita-cita bersama.
V.                Letak Geografis
MTs Al-Urwatul Wutsqo terletak di Dusun Kalitemu Desa Sukadana Kecamatan Terara Kabupaten Lombok Timur,  Desa Sukadana adalah salah satu dari enam Desa yang ada di wilayah Kecamatan Terara yang berada di sebelah Utara dari Pusat Kota Kecamatan Terara kurang lebih 0,5 Km. Dengan batas-batas sebagai berikut :

·     Sebelah Utara    : Desa Kilang
·     Sebelah Selatan : Desa Suradadi
·     Sebelah Timur         : Desa Mt. Baan.
·     Sebelah Barat          : Desa  Rarang.

Desa Sukadana mempunyai luas daerah yaitu 450.421 Ha. Dengan jumlah penduduk 9.297 jiwa. Pondok Pesantren Al_urwatul Wutsqo Terletak di Dusun Kalitemu, dimana Kalitemu adalah pusat industri genteng dan batu bata, pusat pertanian tembakau. Keberadaan ponpes Al- Urwatul Wutsqo didukung juga dengan animo masyarakat kepada dunia pendidikan yang tinggi dan beberapa potensi lainnya.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqo 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.